9/13/2008

Arsenal Gulung Blackburn, Adebayor Hattrick

BLACKBURN - Laga Premier League pekan ini akan selalu dikenang Emmanuel Adebayor. Striker Arsenal asal Togo itu berhasil mencetak hattrick saat Arsenal menggulung Blackburn Rovers, 4-0, Sabtu (13/9/2008).

Bertanding di kandang Blackburn, Edwod Park, ternyata tidak membuat gentar pasukan Arsene Wenger. Terbukti, sejak peluit pertama dibunyikan Arsenal langsung mengambil inisiatif menyerang.

Bahkan saat pertandingan baru berjalan delapan menit, The Gunners berhasil mencuri gol lewat Robin van Persie. Berawal dari umpan diagonal bintang baru Inggris, Theo Walcot, van Persie berhasil melesakan bola lewat kaki kirinya. Kedudukan 1-0 untuk Arsenal.

Unggul satu gol tidak lantas membuat Arenal mengendorkan serangan. Van Persie berpeluang menambah gol di menit 29. Sayang bola hasil olahan Emmanuel Adebayor dan Denilson gagal dimaksimalkan striker Belanda itu.

Blackburn bukan tanpa peluang. Tim asuhan Paul Ince itu sempat berpeluang menyamakan kedudukan di menit 39. Berawal dari umpan matang Bred Emerton ke jantung pertahanan The Gunners, bek Kolou Toure hampir melakukan gol bunuh diri.

Peluang kedua Blackburn kembali datang lewat Roque Santa Cruz. Sayang umpan matang dari Emerton kembali gagal dimaksimalkan striker asal Paraguay itu. Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, The Rovers malah kembali kecolongan di masa injury time babak pertama. Tandukan keras Adebayor yang mendapat umpan terukur dari Denilson berhasil menjebol gawang Paul Robinson.

Di babak kedua, tertinggal 2-0 ternyata membuat moral tim asuhan Paul Ince jatuh. Meski berusaha menambah daya gedor dengan memasukkan Benni McCarthy dan Keith Treacy namun ternyata tidak mampu mendongkrak semangat skuad The Rovers.

Bahkan The Gunners kembali menambah gol. Pelanggaran yang dilakukan bek Stephen Warnock terhadap Emmanuel Ebou membaut wasit Mike Dun menghadiahkan penalti bagi The Gunners. Adebayor sukses mengeksekusi penalti. 3-0 untuk Arsenal.

Laga Arsenal di Premier League pekan ini memang menjadi hari indah bagi Adebayor. Striker Togo itu berhasil menciptakan hattrick dan menutup kemenangan 4-0 lewat gol cantiknya di masa injury time. Dengan kemenangan itu Arsenal berhasil mengutit Liverpool di puncak klasemen. Arsenal hanya tertinggal 1 poin dari Liverpool yang saat ini mengoleksi 10 poin.
(tok)

Tidak ada komentar: